Sabtu, 06 Desember 2008

Mahadasyat Karya Tulis

Karya Tulis atau yang lebih dikenal dengan sebutan kartul, merupakan salah satu hal yang telah membuat gue sibuk belakangan ini. jadi kartul itu adalah salah satu tugas wajib dalam mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia. sebenernya sih guru bahasa Indonesia udah ngasih tugas ini dari beberapa bulan yang lalu (kalo ga salah awal semester 1). kata guru b.indo gue, deadline-nya itu hari terakhir UB 2/I (kayaknya semua hal yang terjadi sama gue belakangan ini pasti ada hubungannya sama UB deh -_-). itu berarti hari terakhir untuk mengumpulkan karya tulis adalah hari Jum'at, 5 Desember 2008.
nah berhubung gue itu orangnya lebih suka bersenang-senang dahulu bersakit-sakit kemudian, jadilah gue mengulur-ulur waktu untuk mengerjakan tugas tersebut. gue bener-bener nyantai sekaliii dalam menjalani semester satu ini. sampe akhirnya 2 hari menjelang UB 2/I, yaitu hari sabtu (29/11), gue baru bener-bener ngerjain yang namanya karya tulis. kalah jauh banget gue sama temen-temen gue yang udah mau selesai.


bagian-bagian dari sebuah karya tulis
1. karya tulis itu terdiri dari 3 bab; pendahuluan, pembahasan, penutup.
2. tapi selain 3 bab tersebut, ada juga bagian-bagian lain dari kartul yaitu, cover, lembar pengesahan, wacana pengantar, daftar isi, abstraksi dan daftar pustaka.
3. yang paling penting dari kartul itu (bagi gue) adalah materi yang diangkat sebagai tema kartul itu sendiri.

selain materi yang harus diolah dengan benar, ada satu hal lagi yang tidak kalah penting yaitu, teknik penulisan. dan asal kalian tau, teknis penulisan karya tulis itu sangat susah dan ribet sekali (ga susah-susah juga deh. ehehe).

teknik penulisan dari sebuah karya tulis
1. font-nya harus Times New Roman, selain itu kelaut aja dah.
2. line spasi-nya harus dobel, untuk kutipan satu aja.
3. ukuran font-nya 12, buat judul lebih gede dikit, buat kutipan lebih kecil 1 karakter.
4. judul bab sama sub-bab di-bold.
5. margin-nya atas/kiri 4 cm, bawah/kanan 3 cm.
6. kertasnya hvs kwarto (tapi ternyata dibolehkan menggunakan A4, dan gue make A4 ^,^)
7. masih banyak lagi dan gue rasa ribet untuk menjelaskannya secara detail.
8. yang pasti harus di-hardcover.

terlepas dari hal-hal ribet di atas, gue bikin kartul dengan judul SEFT® atau Spiritual Emotional Freedom Technique. dan setiap ada orang yang nanya gue apa tema kartul gue, 90% dari mereka yang bertanya itu tidak tahu apa itu SEFT® (ga pasti 90% juga sih. hahaha). oke oke. gue akan sedikit membahas apa itu SEFT®.

SEFT® adalah salah satu metode pengobatan yang bisa mengobati penyakit yang disebabkan oleh gangguan emosi. SEFT® itu merupakan metode penggabungan dari energi psikologi dan spiritualitas. tapi nih, selain buat pengobatan, SEFT® juga memiliki fungsi lainnya. diantaranya membantu untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan. jujur sih, gue ga gitu ngerti tentang fungsi yang lain-lainnya itu. ehehehe. tapi cara melakukan teknik-teknik SEFT® itu bisa dibilang mudah. tekniknya mirip sama akupuntur, tapi ga pake jarum, cuma pake ketukan ringan dari 2 ujung jari (tengah - telunjuk). emang sih mudah, tapi untuk melakukannya kita butuh keikhlasan, pasrah dan tenang kurang lebihnya.

ya segitu aja deh gue ngasih tau tentang apa itu SEFT®. kalo mau tau lebih lanjut, bisa baca kartul gue (hahaha) atau ga buka aja logos-institute.com

masa-masa mengerjakan karya tulis
kalo mau nyombong, gue cuma ngerjain katul dalam 5 hari (hari sabtu sampe rabu). tapi ya dalam 5 hari itu gue bener-bener pol-polan abis-abisan. apalagi hari sabtu-minggu. beh, gue dari pagi ampe malem bener-bener cuma berurusan sama si kartul itu.
ini ringkasan proses gue ngerjain kartul:
hari sabtu-minggu
dari pagi sampe malem di depan komputer ngetik sama kopi-paste buat kartul.
hari senin
nyerahin abstraksi, bab 1/2/3 yang udah di-print ke guru b.indo buat diperiksa.
hari selasa
ambil abstraksi, bab 1/2/3 yang udah diperiksa. pulang sekolah langsung betulin bagian-bagian yang udah dikoreksi.
hari rabu
bawa hasil editan + semua bagian yang udah jadi ke sekolah, niatnya au minta priksa lagi tapi ga jadi. pulang sekolah, bertulin lagi bagian-bagian yang ternyata masih ada salah disana-sini.
hari kamis
bawa kartul yang udah bener-bener jadi, minta di-acc sama guru b.indo, dan ternyata emang udah bisa di-hardcover kartul gue! terus gue nitip ke jeje buat meng-hardcover kartul gue itu.
hari jum'at
pulang sekolah bareng jeje, bang el, farah ke tempat penjilidan dimana kartul gue, jeje, bang el berada. balik lagi ke sekolah buat ngumpulin kartul yang udah beres di-hardcover.

dan dengan dikumpulkannya kartul gue itu, berakhir pula cerita gue tentang kartul ini. hahahaha. dan sekarang gue merasa beban gue sudah menghilang semuanya setelah selesainnya kartul dan berakhirnya UB 2/I!

ending-nya hepi deh! ahahahahay :)


REGARDS
19

4 komentar:

nugrahaboy (Hafiz Hari Nugraha) mengatakan...

Pertamaxxx!!!

nugrahaboy (Hafiz Hari Nugraha) mengatakan...

Perpakin Line Don't Cross

=========================

si Lia mengatakan...

what the maksud? (sok-sok-an berbahasa inggris, walaupun kacau jadinya) -_______-

Az3_moe mengatakan...

Ada ide nggak bwt judul kartul biologi, yg bhan kajiannya mudah?